The Colorful of Karimun Jawa

Saya ingat, masih pukul 4.30 sore tgl 24 des, kala itu saya masih berada di kantor, langsung pulang, dan packing bersama teman kencanku Thalus45. Trip dan petualangan ku kali ini adalah berdestinasi ke Karimun Jawa. Kepulauan Karimun Jawa terletak di sebelah utara Pulau Jawa, masuk dalam wilayah kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Sudah lama aku ingin ke pulau ini, kira-kira saya merencanakannya sudah 3 kali, dan gagal 3 kali. Tetapi kata TIDAK dalam rencana saya yang keempat.

Karimun Jawa About Berikut link singkat, apa itu Karimun Jawa

Karimunjawa adalah kepulauan di Laut Jawa yang termasuk dalam Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Dengan luas daratan ±1.500 hektare dan perairan ±110.000 hektare, Karimunjawa kini dikembangkan menjadi pesona wisata Taman Laut yang mulai banyak digemari wisatawan lokal maupun mancanegara.

Berdasarkan legenda yang beredar di kepulauan, Pulau Karimunjawa ditemukan oleh Sunan Muria. Legenda itu berkisah tentang Sunan Muria yang prihatin atas kenakalan putranya, Amir Hasan. Dengan maksud mendidik, Sunan Muria kemudian memerintahkan putranya untuk pergi ke sebuah pulau yang nampak "kremun-kremun" (kabur) dari puncak Gunung Muria agar si anak dapat memperdalam dan mengembangkan ilmu agamanya. Karena tampak "kremun-kremun" maka dinamakanlah pulau tersebut Pulau Karimun. [sumber wikipedia]

and here’s the map:

Map picture

December 24th 2010 Saya sudah mengetahui account [Explore Karimun Jawa] sejak pertamakali saya merencanakan trip ke kepulauan itu, seperti yg telah saya katakan sebelumnya, bebrapakali merencanakan, beberapa kali gagal. Ternyata, peluang muncul di depan hidung saya sendiri, saat membuka [blog explore karimun jawa], dan terdapat lomba menulis artikel. Iseng-iseng berhadiah, saya mengirimkan dua tulisan saya mengenai pengalaman perjalanan-perjalanan yang pernah saya lakukan. Alhamdulillah, saya adalah salsah satu dari dua pemenang, dan bersama [Nina] saya pergi ke Karimun Jawa only 275K for fare.

Masih ingat tgl 24 Des saya pulang kantor jam 16.30, dan tiba dirumah pukul 17.00. Segera saya memasukkan barang-barang dan perlengkapan ke dalam Thalus45 dan bersiap diri. Karena kesempatan bis Indonesia yang langsung menuju Jepara hanya ada 1x perjalanan dari Bungurasih, setiba di Bungurasih, saya langsung ke parkiran bus yang saya maksudkan, dan telah terdapat beberapa pemuda, antara lain: [Hafiz], [Riko], [Ilya], dan [Yusa] yg telah duduk sendirian di depan bus itu. ternyata tujuan kami sama. Nina pun datang menysul bersama dua orang teman yang ternyata adalah foreigner, their name is [Sattar] fron Iran dan [Wang] from China.

I believe there’s no such things called coincidence, because HE is all mighty director.

Untitled14

Berusaha terus update tweet dengan hastag #nakedkarjaw, kami ber-8 berangkat pukul 9 malam dr Bungurasih, malam natal saat itu. Tiket bus Patas AC dan WC 65K, cring !!. Setiba di terminal Jepara pukul 4.30, setelah subuh, kami menuju Pelabuhan Kartini, menggunakan becak roda 3, tarif hanya 10K. Sambil menunggu [Yusuf], Kris, dan [Feri] para tour leader, kami bertemu dg rombongan yg lain, yang ternyata juga dari Surabaya, yaitu mas [Seto] dan [Ami].

December 25th 2010 Belum sempat mengumpulkan seluruh peserta, mas yusuf telah membagikan tiket kapal fery KMP Muria (tertulis harga tiket 28K), kami langsung naik fery dan mencari tempat duduk. Saya menyaksikan banyak orang-orang “bernuansa kota besar” yang mungkin memiliki tujuan yang sama dg kami menaiki kapal ini, liburan, orang-orang bernuasa orang lokal yang mungkin adalah penduduk Karimun Jawa, dan orang-orang bernuasa kulit putih atau foreigner yang (semoga) menceritakan tentang how Indonesia is beautifully awesome. Ada hal yang menarik, di sisi kiri dan belakang kapal fery ini bertuliskan “we bridge nations”.

KMP Muri tampak belakangKMP Muria tampak belakang, @ pelabuhan Karimun Jawa

Duduk di kursi penumpang, tertidur-terbangun berkali-kali membuat semakin bosan, apalagi Jepara-Karimun Jawa memakan waktu sekitar 6 jam perjalanan. Rasa deg-degan juga suasana hatiku, karena minggu lalu trip dibatalkan karena golombang 4 meter, alhamdulilah, dalam perjalanan laut kali ini tidak terjadi. Puji syukur Kehadirat Allah SWT.

Tiba di pelabuhan Jepara sekitar pukul 4 sore, dan kami segera ke rumah yang akan kami tinggali selama disana, dan disuguhi es degan yang sangat amat nikmat, es degan rasa lokal Karimun Jawa. Akhirnya, aktivitas yang kutunggu-tunggu dimulai, yaitu ke-na-lan. Yang lebih mengasyikkan, dalam grup kami terdapat 3 foreigner, yaitu Wang dan Sattar yang tekah saya sebutkan sebelumnya, dan satu lagi adlah [Rose], yang berasal dari Manila-Philipina.

dolpin 1Saya tidak tahu pasti berapa jumlah grup kami, klo tidak salah, 36 orang yang dibagi dalam 2 rumah penduduk lokal. Disini adalah basecampnya. Photo taken by tin dolphin

Setelah berkenalan satu sama lain, begitu beragam orang-orang dalam kelompok kami. Beragam asal saerah, beragam asal negara. Beragam suku bangsa. Beragam profesi, beragam latar belakang pendidikan. Beragam kepribadian, beragam sifat dan perilaku. Beragam warna kulit, beragam merk camera. Beragam bahasa, bahkan beragam cara tertawa. Of course, SMILE is an universal language. Dan setelah perkenalan singkat itu, sore itu juga, kami menuju dermaga untuk sunrise-hunting.

IMG_0208 Dari kiri ke kanan: abil (anak pemilik rumah), galuh, devi, sari, yusa, hafiz, riko, saya

Untitled13

December 26th 2010 Sebelum tidur memang saya set alaram pukul 04.30. Rencana sebelumnya, saya tidak ingin melewatkan sunrise. Akan tetapi, sahabatku adhi mengirimkan sms, yang berisi berita duka. Ah, saya tidak senang deg berita ini, temanbaikku, juniorku, adikku, meninggal dunia di Balikpapan, namanya adalah [Binar]. Keluarga Besar Mahasiswa Psikologi UNIAR, kusunya angkatan 2006 berduka 2 kali dalam tahun 2010.

Untitled12

Setelah sarapan dengan menu ikan laut, tujuan pertama hari ini adl Pulau Tengah. Di pulau itu, kami melakukan aktivitas snorkling untuk pertamakalinya, yang dimulai dari pesisir pantai.

Bagi beberapa orang, snorkling adalah pengalaman pertamakali. Tidak masalah, selalu ada hal pertama untuk melakukan hal-hal baru. Dan seperti teman-teman kebanyakan, saya pun mengalami luka-luka lecet di tangan dan dengkul tergores terumbu karang. Do or don’t, there’s no try (Master Yoda). Saat snorkling, kita bisa menikmati keindahan taman bawah laut. yang mungkin selama ini saya lihat setiap pagi di film Spongebob Squerepants, bedanya, sayamelihat dengan sangat nyata bukan animasi.

PC262037

PC262046

PC262056PC262052

TIPS: sebelum snorkling wajib mengoleskan sunblock, 30 menit sebelumnya. Wajib menggunakan pakaian, tidak disarankan telanjang dada. jika menggunakan pakaian khusus selam akan lebih baik dan melindungi, tetapi agak mahal. Jika belum pernah snorkling, jangan malu bertanya. Gunakan pelampung/life jacket jika anda tidak ingin kelelahan berenang. Sedia antiseptic, jika kalian tergores karang atau benda laut lain. Wajib menghindari bulu babi, ikan silet, dan rumput yang berwarna kuning, karena mereka beracun.

Setelah kenyang bersnorkling sambil meminum air laut yang asin, kamu berjalan-jalan mengelilingi pulau Besar, memakan waktu sekitar 20 menit.

DSC02763Photo by Galuh, with Sony Alpha 230. Shutter 1/250 & f 4.5

Tujuan kedua adalah Pulau Kecil. setiba di pulau ini, kami berjalan-jalan kembali mengelilingi pulau untuk menikmati pantai dan keindahan pulai Kecil. Di pulau ini aktivitas utama adalah makan siang, barbeque bakar ikan.

_DSC6475

Photo taken by Yusuf, Nikon D3000, f 22 & shutter 1/40

Seperti sesi-sesi makan sebelumnya, doyan ataupun tidak, ikan laut adlaah makanan utama di kepulauan Karimun Jawa. Ada ikan tongkol, ikan kakap, ikan kakap jenis lain, ikan kakap jenis lainnya lagi, ikan kakap jenis lainnya lagi selain jenis lain dan lainnya, ikan kakap yang beda lagi, ikan kerapu, dll. Ikan dibakar oleh para awak perahu, dan Mbak Feri dkk telah menyiapkan sambal kecap yang rasanya maknyos !!! To eat lunch with fish menu is delicious, but it is more delicious when we eat it gather round with togetherness.

Perut kenyang, sedikit hujan menghampiri, dan tujuan berikutnya adalah Pulau Gosong Tengah. Yang sangat menarik dari pulau Gosong Tengah adalah, pulau ini hanya muncul ke permukaan sejak jam 9 s/d jam 5 sore. Sebelum dan sesudah itu, pulau ini tenggelam oleh pasang air laut.

PC262073

Puas berenang dan menikmati putihnya pasir pantai dan birunya laut Jawa, sore hari kami pulang. Ya, hari ini adlaah tanggal 26 Desember 2010, bearti final piala AFF leg pertama. dan Indonesia kalah 3-0 melawan Malaysia. Dengan dan atau tanpa alasan apapun (termasuk laser), Timnas Indoensia tetap kalah di leg pertama ini. Saat saya menulsi paragraf ini, Indoensia menang 2-1 atas Malaysia di leg kedua, akan tetapi tetap dinyatakan kalah dalam memperebutkan piala AFF 2010. But, they play like a champion, loose like a champion.

December 27th 2010 hari ini adalah hari senin, dan saya sangat bahagia masih terbangun di Kepulauan yang terpencil ini. Tujuan pertama hari senin ini adalah Pulau Menjangan Besar. Di pulau ini terdpaat penangkaran ikan hiu, dan aktivitas pertama yang kami lakukan adalah berenang dengan hewan yang ditangkar itu. Ternyata tidak hanya hiu yang ada disnaa, tetapi juga terdapat beberapa bintang laut.

Foto taken by Mas Kris, thanks ya mas … 🙂

Untitled7

Setelah melihat ikan hiu, kami menuju ke bagian lain dari Menjangan Besar, yaitu tempat penangkaran Burung elang Dada Putih, yang sudah sangat langka. Kembali ke kapal, kami menuju pulau Menjangan Kecil. Sebelum mendarat di menjangan kecil, kami kembali snorkling di tengah lautan. Snorkling kali ini agak berbeda, karena kapal berhenti di tangah, sehingga kita mencapai kedalaman tertentu untuk melihat taman laut. coral, dan ikan-ikan hias yang berwarna-warni.

Puas bersnorkling kembali, kemi menuju Menjangan Kecil untuk mekaan siang. Sebari menunggu makan siang, kami pun berjalan-jalan di pulau itu, dan menurutku Menjangan Kecil memiliki Pantai terindah yang pernah saya lihat.

As long as we enjoy the beauty of the island, the one only I can hear are whisper of wind and lough of my friends.

Untitled6

dolpin 2

Perut kenyang, akhirnya kami kembali ke kepal. Seringnya menaiki kapal sebagai sarana transportasi utama dan satu-satunya di Kepulauan  Karimun Jawa, membuat beberapa orang dari anggota kelompok kami mengalami sea-sick, dan terus memperoleh jackpot (aka muntah). Keadaan diperparah oleh kondisi cuaca yang kurang bersahhabat. Ombak yang tinggi plus angin yang kencang membuat kami harus membatalkan ke beberapa tujuan, seperti Pulau Cemara Besar dan Tanjng Gelam. Poor me :(. Akhirnya tour-leader mengubah destinasi ke Pantai Nirwana, dimana kita kembali bersnorkling dengan pemandangan yang berbeda.

Tiba di daratan pulau utama sore sekitar pukul 16.30. Saat pulang, did ekat rumah pak nelayan yang kami tinggali, ada beberapa anak berkumpoul bermain kasti. Satu hal yang menarik dari para penduduk karimun Jawa, terutama kehidupan anak-anaknya adalah, anak-anak disini tidak ada yang bermain PS, televisi hanya bisa menyala mulai pukul 6 sore hingga 6 pagi, tidak ada anak-anak yang bernyanyi lagu pop alay. Mereka tumbuh apa adanya, di lingkungan yang apa adanya, nakal dan bermain apa adanya. Tidak terpengaruh oleh moderenisme budaya kota-kota besar.

Untitled8

Setelah bersih diri, kami pergi ke souvenir shop untuk membeli beberapa kenang-kenangan. Menemai Wang, Sattar, dan Tari, saya menjadi interpreter dadakan untuk mengkomunikasikan antara Sattar dan Wang dg para penjual. Setelah dari souvenir shops, kami berempat pergi ke alun-alun untuk melihat keramaian, meminum kelapa muda, dan berbincang-bincang ttg banyak hal.

Untitled5

Setiba kebali dirumah, ternyata sedang berlangsung kuis berhadiah yang telah disiapkan oleh para tourleader. Saat Feri melontarkan pertanyaan, karena untuk tulisan ini saya harus banyak mengingta, saya bisa menjawab apa yang ditanyakan mbak Feri, yaitu kemana saja kita selama 2 hari ini.

Malam terakhir kami sepertinya tidak rela untuk dijadikan malam terakhir. Kami copy semua foto-foto kami di laptop Yusuf. Kami puaskan perbincangan kami saat malam itu. Kami puaskan kebersamaan kami pada malam itu. Sahre cerita dg teman baru [Gilang] tentang pengalaman mendaki gunung, share cerita dg teman baru [Galuh], tentang fotografi, share cerita dengan Wang dan Sattar tentang keheranan mereka thd perilaku-perulaku dan beberapa budaya orang-orang Indonesia. Ada juag yang sedang berulangtahuan, yaitu Galuh dan [Milla], happy birthday, the more you praise and celebrate your life, the more there is in life to celebrate (Oprah Winfrey said this once)

Sebagai sesama traveler, tidak ada istilah newbie, atau belum berpengalaman. Tidak ada istilah siapa yang lebih berpengalaman, siapa yang tidak. Tidak ada batasan usia sama sekali untuk menjadi soerang traveler. Tidak ada kemampuan atau ketrampilan khusus untuk menjadi traveler. yang adalah adalah istilah bagaimana kita bisa membuka pikiran seluas-luasnya dan mengalami experience yang benar-benar luarbiasa dalam kehidupan kita, membuat hidup kita tidak membosankan,. KEEP YOUR MIND WIDE OPEN. Saat kita membuka pikiran, tidak ada istilah kecewa terhadap apa, sesuatu, dan siapa yang kita lihat, rasakan, ajak bicara, bersenang-senang. Yang dapat kita lakukan adalah bersyukur. Yang wajib dilakukan adalah share cerita, karena seperti kata Bagus Takwin dalam buku Psikologi naratrif “orang yang banyak bercerita adalah orang yang lebih didengarkan daripada yang tidak”. (people more listen to the people who can make a lot of story, than people who can’t). Saya berani berkata, bahwa biaya yang kami keluarkan terhitung murah dibandingkan apa yang kami alami selama di Karimun jawa. Seperti yang mas [Darma]  katakan, kita mendapatkan pengalaman baru, sekaligus teman dan persahabatan yang baru, itulah yang sangat mahal !!! We get a new experience, new friend, and new friendship, that’s valuable, more precious than just a money !!

28th december 2010 Pukul 3 dini hari aku tidur, dan terbangun pukul 04.30 untuk packing dan tertidur kembali. Hari terakhir kami di kepulauan ini.

Untitled1

Oleh-oleh yang paling berharga dalam perjalanan kali ini adalah “some” new friend (some dapat diartikan menjadi dua arti, pertama adalah “beberapa”, kedua adalah “luarbiasa” / ‘some’ have 3 meaning, 1st id “few”, 2nd is “extraordinary).

Sepei yang dikatan Alexander Supertramp sebelum dia meninggal, “happiness can be real if it shared”

Kami semua sudah naik ke kapal fery KMP Muria, dan tepat pukul 08.30, fery berangkat menuju Jepara. Mencoba membuat diri kita nyaman, karena tempat duduk sangat terbatas, kebanyakna dari kami berkumpul diatas, dan tidur seperti ikan bandeng.

Selamat tinggal Karimun Jawa, yes, we had an awesome day

Note:

‘Colorful’ have 2 meaning: (1) A lot of color, and I put a monochrome photos here, (2) bersemangat (high spirited)

I do apologize if my English is messed up

My playlist when I was there:

OK GO (This Too Shall Pass), Katty Perry (Tennage Dream & fire Works), Pink (Raise Your Glass), Adele (Dream),  Klaxons (It’s Not Over yet), The Doors (Light My Fire), New Order (Bizarre Love Triangle).