Hortus (2014) – Part 2

Part 2

Sungguh, sungguh pengalaman luar biasa. Datang ke sebuah pemutaran alternatif yang diinisiasi oleh Jonathan dan Edwin. Edwin sebagai host. Dan dia memberikan gerak-gerik welcoming behavior kepada kami. Itu Wow sih. Selama ini saya hanya mendapatinya sebagai pembicara atau tamu diskusi. Dia memastikan projector terpasang dengan sesuai. Memastikan setiap undangan (termasuk saya πŸ˜™) sudah mendapatkan kopi. Memastikan posisi tempat duduk sedemikian rupa agar setiap penonton dapat mendapatkan tempat yang enak untuk menonton, tanpa terhalangi. Menimbang kinosaurus adalah tempat pemutaran alternatif bergaya kafe yg bisa disulap menjadi ruang pemutaran film.

Edwin memberikan pembukaan, “yak kita masih menunggu satu undangan lagi ya, dia dari Bandung soalnya, masih naik travel”. Kemudian mengatakan basa-basi kecil sebelum memulai memutar projector 35mm. Orang-orang dari Lab Laba Laba juga sudah bersiap sedia memutar projector tsb. Dia bercerita latar belakang film ini, saat dibuatnya di Belanda, dipresentasikan untuk syarat kelulusannya di sekolah film untuk gelar master. Celetukan dari penonton “bagus nggak nilainya”, dan Edwin menjawab “gue lulus kok”.

Tamu dari Bandung belum juga datang, dan akhirnya Edwin memutuskan untuk memulai film ini tanpa menunggu. Sudah telat 20 menit soalnya.

Gorden hitam pekat mulai ditutup. Lamou dimatikan, dan klik, suara projector 35mm nyaring pelan berbunyi. Kemudian dan 2 cahaya kotak bersudut tumpulpun tertangkap layar yang ada di depan kami.

Film dimulai.
πŸŽ₯πŸŽ₯πŸŽ₯πŸŽ₯πŸŽ₯πŸŽ₯πŸŽ₯πŸŽ₯
Film selesai.

Tepuk tangan πŸ‘πŸ‘πŸ‘.

Lalu dibuka sesi diskusi oleh Edwin sendiri.

Mbak Ucu Agustin yang memulai
(mbak ini bikin film dokumenter judulnya Di Balik Frekuensi, KEREN BHANGET).

Trus diskusi lagi.

Trus tamu dari bandung akhirnya datang.

Diskusi lanjut.

Trus Edwin bilang, “ya udah kita luter sekali lagi ya”

Gorden di tutup, lampu dimatikan, klik, suara projector nyaring pelan berbuyi…

Beruntung banget tuh tamu dari Bandung….

View on Path

Advertisements

~ by imankurniadi on March 10, 2016.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: