Pahawang sudah sulit diterawang

Kemaren adalah kunjungan ke empat saya ke pahawang. Sepertinya tempat ini telah banyak berubah. Saya tidak ingin menyalahkan siapapun, tapi memang saya tidak berhak melarang siapapun mengunjungi tempat ini. Ada satu spot dimana ada tulisan “welcome to pahawang” di bawah air. Ada juga tulisan “thabks God i’m here”. Maksudnya mungkin ini dipasang agar para pengunjung bisa nyelam dan berfoto di depan tulisan ini. Awalnua saya sangat senang karena melihat banyak anemone laut di baeah, yg artinya tempat tinggal clownfish. Saya menuelam bebas, tahan nafas, saya kunjungi satu demi satu, saya tidak menemukan clownfish yang seharusnya. Biasanya dalam satu kumpulan anemone laut, ada clown fish yg besar dan ada yang anak-anak. Tapi di spot ini ke mana mereka pergi? Dg dasar yangbtidak terlalu dalam saya menyimpulkan, pertama karena ini bukan habitat asli bereka. Anemone tsb sengaja diletakkan di sana. Kedua, terlalu banyak manusia yang berkumpul sehingga merekanjuga stress dg keberadaan manusia ini. Teringat kata sepupu saya Erwin anak kehitanan, kenapa gunung juga haris ada masa istirahat dg menitip secara resmi aktovitas oendakian, karena untuk memulihkan apapun di dalamnya. Walau tidak 100%, paling tidak ada usaha untuk memulihkannya. Misalnya, seharusnya sebuah hutan di gunung merupakan habitat asli rusa. Ada kalanya si rusa itu nafsu untuk kawin bikin ketirunan, akhirnya ga jadi kawin karena banyak manusia yang lewat.
Sepertinya pahawang juga butuh istirahat. Namun karang atau habitat bawah air yg rusak, pemulihannya tidak akan secepat hutan.
Semoga laut Indonesia tetap lestari.

View on Path

~ by imankurniadi on January 3, 2016.

Leave a Reply

 
