Review Telesin Dome for GoPro Hero 3/4

Sedikit review ala kadarnya dari dome merk telesin untuk gopro hero 3/4:

Overall gear ini nilainya 70. Berikut alasannya.
1. Gear ini made in China. Bahan kacanya alcliryc. Dengan penompang besi terlapisi bahan tertentu (semacam dempul cat hitam) yang saya masih kurang tau ketahanannya thd karat. Intinya setelah memakan gear apapun yg kamu tempelkan ke gopro dan kamu bawa ke laut, sebaiknya setelahnya dicuci dengan air tawar terlebih dahulu.

2. Cara membuka “lock” casing utk memasukkan gipro, ada semacam tali di atasnya. Kita tarik, lock baru kebuka. Plastik lock ini kuakitasnya seperti 💩. Di hari kedua di pahawang kmrn, locknya retak karena saya membukanya terlalu bernafsu. Lalu saya ambil lock di underwater casing gopro saya dan memindahnya ke dome telesin. Untungnya ukurannya sama dan cocok. Karena sudut tertentu, lock pengganti ini (yang ga ada talinya), agak susah membukanya. Sehingga saya perlu menggunakan pisau lipat untuk membuka/mencongkelnya.

3. Untuk hasilnya ya sama seperti kualitas gopro pada umumnya. Alat ini hanya membantu agar antara ruang air dan ruang udara sama2 bisa terfoto. Seperti foto ini. Karena hasil foto memakai dome juga dipengaruhi oleh: gelombang, kejernihan air, intensitas cahaya di bawah air, maka kembali ke prinsip utama action camera: mount it, just shot, don’t think.

4. Saat memasang gopro di dome, maka tombol mode tidak bisa ditekan. Artinya kamu harus menyalakan gopromu dulu, baru bisa dilakukan pengambilan gambar. Kecuali seperti yang aku lakukan di atas, menggunakan smart remote. Kelemahannya, smart remote walau juga water resistant, dia tidak akan bisa bekerja di bawah air. Sehingga saya perlu menjaga smart remote ini di atas agar bisa tetap terkoneksi dg gopronya. Lihat yg saya lakukab di foto ini. Tangan kiri memegang dome, tangan kanan saya taruh di atas kepala untuk menekan tombol capture/shutter.

5. Untuk kualitas dome itu sendiri sudah cukup baik. Saya coba tenggelamkan sekitar 1 meter, dengan terasa tekanan yg sangat berat karena rongga udara di dalan dome ini. Dan dalam kedalaman 1 meter ini dome tidak bocor. Apakah saya akan mencobanya lagi? Nggak. Karena dome ini bukan didesain untuk di dalam air yg terlalu dalam.

6. Karena ukurannya yg lumayan gede, agaknribet membawanya. Karena saya termasuk traveler yg menggunakan transportasi publik (bukan kendaraan pribadi) maka saya harus melakukan kemasa sedemikan rupa agar dome telesin ini tidak tergencet. Akhirnya saya pake “kotak” gede yg lumayan kuat dan menghabiskan banyak ruang di ransel. Hiks.

Pertimbangan2 di atas dan harga maka saya beri nilai 70/100.

Untuk pertanyaan yang diajukan rendy kmrn, semoga membantu menjawab. – with Ramdan, Afif, and Rendy

View on Path

~ by imankurniadi on January 3, 2016.

Leave a Reply

 
