Amazing Weh And Banda Aceh

Pulau Weh dan NAD, 3-6 april 2015.

Catatan dan celotehan:

Hari 1
Kami betangkat dengan menggunakan Garuda Indonesia tgl 3 april pukul 12.00, perjalanan lancar dan tiba di Bandara Sultan Iskandar Muda Banda Aceh pukul 14.40. Dari bandara kami bergegas mencari Taxi bandara dan meminta mengantarkan kami ke Pelabuhan Ulee Lheue. Perjalanan sekitar 20 menit, sambil berbincang dg pengemudi tentang tempat-tempat bersejarah yang menjad saksi Tsunami 10 tahun lalu.

Tiba di Ulee Lheue, pelabuhan sudah terlihat sangat banyak calon penumpang. Ada 2 kapal yang akan berangkat pukul 4, cepat dan Fery. Kami memilih kapal Fery. Sayangnya tiket kelas ekonomi (23 rb) dan bisnis (45 rb) habis, dan kami membeli tiket Vip (59rb). Perjalanan ke pelabuhan Balohan memakan waktu 2 jam. Sekitar pukul 18.30 kami tiba.

Sesuai dg instruksi ibu Liza pemilik Iboih inn, dari pelabuhan Balohan kami bisa menggunakan Taxi untuk diantar ke Iboih. Biayanya 50rb/orang. Namun kami memilih bentor dg biaya yang sama dg maksud agar tiba lebih cepat.

Perjalanan yg luar biasa menggunakan bentor ditempuh selama 3/4 jam dari Balohan ke Iboih, jalan meliuk, tanpa helem, dan perbincangan yg keren ๐Ÿ˜Ž.

Tiba di Iboih, kami makan malam dulu. Lalu berjalan kaki menyusuri losmen, guest house dan hotel seherhana, karena iboih inn terletak paling ujung. Sekitar 15 menit kami berjalan, dan tiba di Iboih Inn pukul 8 malam.

Tidak langsung masuk kamar, kami memilih untuk berbincang menyiapkan rencana besok, sambil menikmati laut iboih di malam hari sangat terang dan cerah.
Majestic.

Hari 2.
Menikmati pagi dari dermaga Iboih, saya mengerjakan pekerjaan kantor yang masih tertunda. Kemudian mengambil freedive kit dan nyebur! Air laut pagi memang sangat segar. Pukul 8 kami malan, dan pukul 9 kami meninggalkan iboih. Hari ini kami akan mengeksplor kota Sabang menggunakan sepeda motor yang kami sewa.

Poi pertana adalah kembali ke pelabuhan Balohan, menjemput teman kami anggi. Poi kedua adalah pantai sumur tiga. Pantai yang dangat indah, pasir yang bersih, dan air laut yang sangat biru toska. Poi ke tiga adalah pantai anoa hitam. Poi ke empat tebing dan benteng jepang. Pemandangannya jg sangat lepas, sangat luar biasa. Beruntung kami melihat bbrp nelayan yg sedang nerburu gurita menggunakan spear atau spearfishing, atau spear octopus ๐Ÿ™. Poi kelima adalah foto ini. Poi ke enam, kami ke tengah kota Sabang. Sudah ‘diwanti-wanti’ kota Sabang akan sangat sepi saat siang krn tutup semua, dan benar, kami tidak bisa mencicipi mie sedap, mi jalak, dan sate gurita di kota Sabang krn jam SAntai BANGet mereka ๐Ÿ™Œ. Poi ke tujuh air terjun pria laot (trekking lagi ๐Ÿ‘ฃ๐Ÿ‘ฃ), Poi terakhir atau ke delapan adalah Kilometer NOL indonesia. Nggak lengkap kalo ke pulau weh tapi tidak mengunjungi wilayah paling ujung barat Indonesia. Ingat lagu “dari sabang sampe.mereuke…” kan? Katanya sunset terbaik di.pulau ini adalah di sini, namun sayang matahari sore tertutup.oleh awan….

Kami tiba kembali di iboih inn pukul 8 malam, dan sekali lagi, kami menikmati gerhana bulan pada malam itu, berbicara tentang apa saja, pokoknya SAntai BANGet!

Hari 3.
Pagi-pagi ya nyebur lagi. Pokoknya iboih inn dan dermaganya yg langsung menjorok ke Teluk itu sangat NYEBUR-ABLE! ๐ŸŠ

(“nyebur-able” is a situation when there is a big pool with a very clean, calm, fresh, and blue water in fornt of you, with a lot of fish inside)

Setelah kecipak kecipuk, kami sarapan, dan Poi selanjutnya adalah pulau Rubiah. Teman-teman menggunakan perahu, saya berenang.

Swimming from Iboih inn to Rubiah island [achievement unlocked ๐Ÿ”“].

Berenang sekitar 15-20 menit. Sempat berhenti di tengah-tengah 3-4 kali karena lelah. Poi kesembilan adalah pulau Rubiah. Underwaternya berbeda, lbh beragam drpd dermaga Iboih. Di sini akhirnya kami berhasil makan sate gurita ๐Ÿ™! Karena kekenyangan saya kembali ke iboih naik perahu.

Pukul 12 kami checkout, dan kembali ke Balohan untuk Menyebrang ke Ulee Lheue. Saat ini kami mencoba kapal cepat, yg hanya membutuhkan waktu 45 menit. Tiba di pelabuhan Ulee Lheue kami dijemput oleh teman mas aw, mas gufron. Langsung kami explor kota Banda Aceh sore itu.

Dari pelabuhan kami langsung menuju ke Musium Tsunami, sebuah musium dengan arsitektur keren dan kurasi yg membuat saya merinding. Ya musium ini menyentuh empati dan simpati saya. Saya tidak.akan melupakan merindingnya melewati gerbang pertama yg gelap itu.

Poi ke sebelas adalah hotel wisata, kami check in dulu, taruh tas dulu. Hotel yg sangat murah! Lalu kami ke.tempat yg menjadi ciri khas kota Banda Aceh, warung kopi! Atas rekomendasi mas gufron, kami ke warung kopi solong sebagai Poi ke duabelas. Ssetelah ngobrol ngalor ngidul, tidak terasa sudah 3 jam kami di sana, lalu mas gufron mengantarlan kami pulang ke hotel.

Lalu kami melanjutkan berjalan kaki di sekitaran hotel. Poi ke tiga belas adalah moe razali, selanjutnya toko oleh-oleh dan Cafe Rex.

Hari 4.
Pagi hari setelah kami menikmati nasi gurih, kami menyewa mobil untuk berkeliling pesisir aceh. Poi ke empat belas kami ke.pantai lhoknya. Poi ke lima belas kami ke pantai lampuuk, dan mampir juga ke masjid Rahmatullah di lampuuk yang tetap berdiri walaupun Tsunami meratakam semuanya di sekitar masjid tsb.

Demikian catatannya, ini pengeluarannya

Pesawat pp jkt-aceh = 1,1 jt (promo GtF)
Taxi bandara-pelabuhan Ule Lheue 140rb/4 = 35rb
Masuk pantai iboih
Snorkling di iboih
Masuk pulau rubiah
Masuk ke pantai sumur tiga
Masuk ke pantai anoa hitam
Masuk pantai Lhoknga
Masuk pantai Lampuuk

TOTAL pengeluaran selama di weh dan aceh 4h3m = Rp 1.927.000, termasuk tiket, belum termasuk perintilan

Informasi kontak persen:
Liza iboih inn +628126991659
Bambang bentor pelabuhan Balohan 082172938579
Nasir taxi bandara aceh 0813-6001-5861
Sabri mobil rental aceh 085-260-850217
Hotel wisata 0651 21834

View on Path

~ by imankurniadi on April 10, 2015.