Celoteh Remeh Film Musik Makan

Celoteh di bawah ada spoilernya, klo blm nonton:
1. Kisah Cinta Yang Asu
2. The Fox Exploits The Tigers Might
3. Diana Sendiri Diana
Jangan membaca, kecuali ga keberatan dapet spoil.

Ini adalah tahun kedua acara tahunan Film Musik Makan. Penyelenggaranya Babibuta Film. Semua yang diputer (dari tahun pertama), memang film-film produksi mereka semua. Tahun lalu saya tetap aware ada acara ini walau tidak datang. Karena saya sudah menonton Rocket Rain di Jaff Jogja akhir tahun 2013 https://imankurniadi.wordpress.com/2013/12/29/rocket-rain-2013-komedi-segar-tidak-berkotak/.

Kisah Cinta Yang Asu, disutradarai Yosep Anggi Noen. Seperti yang dikemukakan oleh dia sendiri di sesi Q&A, dia membuat film untuk memberikan kesan gelisah kepada penontonnya. Semua filmnya sepertinya memang ‘sakit’ begini. Terhibur? Nggak. Nggak mungkin. Klo mau cari nyaman ke salon aja.
Baru 4 filmnya yg saya tonton lan modele yo ngono kabeh: Vakansi Yang Janggal Dan Lenyakit Lainnya, Lady Caddy Who Never Saw Hole In One, Its Raining Outside, dan Kisah Cinta Yang Asu. Dan di film yang asu ini mas anggi menjadi cast juga. Dia emang sengaja bikin penontonnya keluar dengan muka surem.
Film ini bercerita tentang wanita pekerja seks komersial dan seorang pria yang memiliki motor RX King. Sang pengemudi motor adl mas Anggi sendiri. Ada yang membuat saya menggelitik adalah bagaimana cara ngetes knalpot, semir rambut, dan perkataan asu yg berulang kali terdengar (kenapa bukan “kirik” ya?).

Diana Sendiri Diana adalah film pendek pertama ya disutradarai oleh Kamila Andini. Sejauh yg saya ingat, saya baru menonton 2 filmnya, Mirror Never Lies dan Senandung Bumi. Diana Sendiri Diana mengangkat isu (yang agak tabu) yang pernah ramai beberapa tahun yang lalu, yaitu poligami. Raihaanun memerankan Diana kembali sangat memukau saya. Saya sangat mengaguminya sejak memerankan gadis berjilbab mencari ayahnya yg menjadi waria di Lovely Man.
Film digambarkan kedekatan antara ibu dan anak Hingga suatu malam sang suami/ayah pulang kerja dan menyodorkan “proposal” untuk berpoligami. Sebagai film bergenre drama, apalagi short, dialog menjadi sangat krusial untuk menyampaikan pesan. Dan di film ini wajah Diana juga seakan berdialog. Kata-kata sepele si anak juga bermakna penting. Sebagai film pendek yang lumayan panjang, Sendiri Diana Sendiri adalah sebuah pesan penting yang menyampaikan rekognisi perjuangan seorang ibu.

The Fox Exploits The Tiger’s Might adalah salah satu judul yang saya anggap aneh sekali. Hingga saya tahu dua fakta: satu, itu adalah peribahasa mandarin, Yosep Anggi Noen menyarankan peribahasa ini kepada Lucky sebagai judul film. Dua, judulnya yang nakal sangat merepresentasikan isi filmnya (ini tentu, dan ini wajar, namun otentik). Film dibuka dengan seorang anak remaja pelajar SMP yg sedang “Me time”. Saya suka ambience yg dihadirkan di film ini. Ambience seorang remaja yang sedang menghadapi masa puber dipadukan dengan ambience sebuah ‘nafsu’ amarah yang ingin meletup-letup namun tetap ditahan dan dipendam. Castnya bermain dengan epik, luar biasa. Terutama Aseng. Ambience yg saya sebutkan tadi, semua ada dalam dirinya. ‘Kegelisahan yang jujur’ selalu menjadi tema yang menarik untuk dituangkam dalam film, khususnya film pendek.

Film-film seperti di atas adalah sebuah manifestasi dari kebebasan berfikir dan kebebasan mengemukakan pendapat. Mnb Tunggul sebagai produser pun menyatakan bahwa sutaradara diberi kebebasan untuk ‘mamasak materi’ mereka seperti apa. Masakan yang dibuat tanpa boundaries akan menularkan hasrat kokinya kepada para penikmat, termasuk saya.
Kita tidak akan menonton film sejenis kecuali di pemutaran-pemutaran khusus. Terimakasih kepada Film Musik Makan atas hidangannya, (musti) sampai ketemu tahun depan.

View on Path

~ by imankurniadi on March 24, 2015.

Leave a Reply

 
