Exodus (2014)

Tony Scott, adalah salah satu sutradara favorit saya. Sya sangat mengagumi karyanya Man On Fire. Lewat film-filmnya dia mentenarkan nama-nama bintang besar seperti Tom Cruise, Kiera Knightley, Danzel Washington, dll. Dia meninggal di usianya ke 68 karena bunuh diri, melompat dr jembatan.

Film ini (Exodus:Gods and Kings) adalah persembahan dari sang kakak, Ridley Scott kepada adiknya. Saya tidak akan mereka-reka, kenapa Ridley memilih Exodus utk hal ini.

Saya beri nilai 80/100. Film ini, seperti film Ridley kebanyakan, memberikan signaturenya, yaitu kemegahan. Banyak lanskap yang sangat megah dan juga ilustrasi megah kejadian-kejadian masa itu.

Sebagai film yang “mereinforce” sejarah, film ini juara. Saya suka ilustrasi-ilustrasi yang dibeberkan. Namun, saya belum berani mengatakan bahwa ini adl film biography Nabi Musa As. Atau dengan kata lain, saya merasa tidak pantas untuk menilai film ini jika dipandang dari sisi biografi tokoh utama.

Kesannya, film ini dibuat dg terburu-buru. Seperti sebuah naskah treatrikal lalu dipentaskan dengan improviaasi tokoh-tokohnya.

Saya tidak menerima kesan menonton film yang mewakili sebuah peradaban pada masanya. Kesan lain yg saya terima, film ini mencoba mengatakan sesuatu, ttg apa yang akhir-akhir ini terjadi “di sana”. Kesan itu semakin kuat saat si bocah, menggelengkan kepalanya.

Bukan film terbaik Ridley Scott, namun semoga dia tetap sehat utk menyutradarai Prometheus 2. Rip Tony Scott.

View on Path

~ by imankurniadi on December 10, 2014.

Leave a Reply

 
