80/100

Saya selalu menyukai film bertemakan dystopia dan atau post- apocalypse, tetapi tdk semuanya bagus, ada pula yg mengecewakan. Seperti Divergent.
Seharusnya film itu akan mjd sangat menarik apabila fokus pada divergent dan “factions”nya. Sebuah tatanan masyarakat paska perang besar, dg fungsi dan karakteriatik masing-masing factions. Seharusnya kisah romantis Tris dan seniornya tdk perlu terlalu dominan.

Barusan saya nonton Maze Runner dan saya cukup puas. Perasaannya mirip saat saya menonton World War Z, saat scene bersama org Israel di jeep. “Jika ada 9 org yg sepakat atas sesuatu, maka dibutuhkan org ke 10 yg harus mencari alasan utk tidak sepakat. Saya adl org ke 10 itu”.

Maze runner merupakan trilogi pertama dari Maze Runner series oleh novelis James Dashner. Jangan buka wikipedia mencaritahu novel ini ttg apa. Tapi barusan saya buka, tyt ada bagian2 yg berbeda antara novel dg film layar lebarnya.

Film bertemakan post apocalypse dan atau dyatopia sangat menarik utk diikuti plotnya krn “membayangkan” seperti apa masyarakat di masa depan. Pasti ada sesuatu yg baru dan menarik utk dicermati. Minimal, istilah2/nama baru. Contoh: gladers (maze runner), tribute (hunger games), oracle & architect (the matrix), factions (divergent), the party (v for vendetta), atolls (water world), dll.

The Maze Runner, saya tsk ingon bercerita banyak, dipenuhi hal2 spt itu. Sebuah “pemikiran ulang”, seperti apa “idealnya” jika hidup berdampingan dalam sirkumtansi tertentu yang mengancam/memberikan rasa takut.

Disarankan kalian nonton di bioskop dg sound memukau, seperti Imax atau dobly atmos. Saya barusan nonton di Imax dan saya cukup terkesan. Tidak sabar untuk nonton film selanjutnya.

View on Path

~ by imankurniadi on September 17, 2014.

Leave a Reply

 
