Bunny Drop (aka Usagi Doroppu – 2011)

Director: Hiroyuki Tanaka | Writers: Yumi Unita (manga), Hiroyuki Tanaka (screenplay) | Casts: Ken’ichi Matsuyama, Karina and Mana Ashida

Selain hobi nonton film, saya memiliki 2 lemari khusus menyimpan koleksi-koleksi komik pribadi saya yang cukup lengkap namun sayangnya tidak tersusun rapih. Menonton film Usagi Doroppu selama 114 menit, film ini mengingatkan kepada saya koleksi komik yang paling sering saya berulang kali baca karena memiliki humor yang murni tentang kelakuan bocah usia 5 tahun, yaitu Yotsuba & !. Dari sumber yang saya temukan, ternyata film layar lebar Usagi Doroppu merupakan film yang diangkat dari sebuah manga (istilah ‘komik’ di Jepang) yang berjudul sama, Usagi Drop. Yotsuba dan Usagi Drop memiliki kisah yang sama, yakni tentang anak kecil tanpa orang tua, kemudian terdapat pria-paruhbaya-mapan-single-berusia30tahunan memutuskan untuk menjadi orang tua angkat sang anak. Di sinilah yang menarik mengenai komik ini untuk dibaca dan diikuti, bagaimana dinamika sang pria-mapan-single menjadi orang tua angkat. Sebenarnya cukup banyak film Jepang layar lebar maupun serial yang diangkat dari sebuah komik. Film yang saya maksud bukan film animasi, namun film dengan manggunakan aktor dan artis manusia seperti biasa. Misalnya karya komikus Urasawa Naoki 20th Century Boys atau karya Adichi Mitsuru H2.

Kembali membahas Usagi Doroppu, saya belum membaca komiknya, namun saya menduga walaupun mirip dengan kisah Yotsuba, Usagi Doroppu memiliki perbedaan yang mencolok. Film ini lebih dominan pada bagaimana dinamika komunikasi maupun interaksi emosional antara Daikichi sang ayah angkat dengan Rin si anak kecil perempuan yang masih berusia 6 tahun tanpa orang tua. Saya menyukai bagaimana interaksi emosi itu disampaikan di film ini. Rin adalah anak kecil yang memang sangat polos sebagaimana mestinya anak kecil pada umumnya. Rin dapat dikatakan yatim piatu, dia cukup lama diasuh oleh kakek Daikichi yang baru saja meninggal. Sehingga sepeninggal kakek daikichi, rin tidak memiliki siapa-siapa hingga Daikichi menawarkannya untuk tinggal bersamanya. Begitu pula dengan Daikichi pria muda mapan, dengan segala pengalaman yang belum ada dan keterbatasannya, tiba-tiba harus menjadi sosok seorang ayah. Daikichi merupakan tipikal pria yang sudah nyaman dengan zona kenyamanannya. Memiliki rutinitas hidup sebagai pria single yang nyaman hingga hal itu semua berubah sejak dia memberanikan diri menjadi ayah angkat Rin yang sebatang kara. Konflik dan klimaks plot film yang disajikan pun cukup dikatakan sederhana. Justru, yang sering saya katakan tadi, bagaimana seorang anak yang tidak punya siapa-siapa dan seroang pria-sigle yang berada di zona kenyamanan, mereka saling bertemu dan mereka mengalami perubahan hidup yang signifikan melelahkan sekaligus membahagiakan. Rasa-rasanya, karena bagaimana interaksi emosi yang disampaikan begitu jujur, film ini sangat menarik untuk ditonton.

Cinematicorgasm rate 80/100

~ by imankurniadi on May 17, 2012.

3 Responses to “Bunny Drop (aka Usagi Doroppu – 2011)”

  1. comment nya aktingnya, kak. Jarang2 L ambil peran org normal, jd ayah pula :D. Mana Ashida juga sweet. She’s so loveable ^^,

    • nah itu dia, masalahnya, pertama, saya tdk banyak mengenal aktor dan artis jepang, kedua, saya masih belum paham budaya/adat/habit mereka yang direpresentasikan pada perilaku keseharian 🙂 jadi masih belum berani mengomentari aktingnya. Thanks 🙂

  2. well, kalo Kenichi. Sejauh yg aku liat *aku jd tertarik ngikutin aktingnya stelah film ini, walopun ud nonton Death Note*, dya nyaris gak pernah ambil peran yg ‘normal’. Jd cowok stress ke arah psycho, cowo yg cupu sekaligus jd vokalis band metal smp karakter keterbelakangan mental.
    Kalo Mana Ashida mungkin semacam Abigail Breslin 🙂

Leave a Reply

 
