One Day (2011)

“Whatever happens tomorrow, we had today” (Emma-One Day). Sebuah quote yg sama sekali tidak menginspirasi, jika kamu hanya menonton bagian quote ini saja saat disebutkan. Maksudnya, tontonlah dulu filmnya… 🙂
ONE DAY (2011)
Director : Lone Scherfig
Cast : Anne Hathway, Jim Sturgess, Patricia Clarkson, etc
Based on novel written by David Nicholls

Film ini bercerita tentang dia sahabat, pria, wanita, Dexter, Emma. Mereka pertama kali bertemu, berkenalan saat merayakan kelulusan. Dexter si playboy, Emma si kutu buku, dua orang yang bertolak belakang. Selama dua puluh tahun mereka bersahabat. Apakah itu cukup?

One Day masuk ke dalam 11 film tervaforit di tahun 2011 versiku. Film ini bertemakan drama percintaan, mengisahkan kisah dua orang sahabat Emma dan Dexter. Apa yang membuat film ini bagus adalah bagaimana plot berjalan. Scene pembuka memperlihatkan Emma yang sedang bersepeda, pada tahun 2006. Lalu berhenti, dan plot mundur hingga tahun 1988, dan dimulailah cerita yang dibangun sedikit demi sedikit dari awal. Emma yang diperankan Anne Hathway naik sepeda? she’s damn adorable.

Cerita berjalan sedikit lambar, banyak cerita-cerita yang mungkin diluar dari benang merah film itu. Seperti film prancis, yang dipenuhi oleh percakapan-percakapan apa adanya, seadanya. Untuk 1 jam lebih 40 menit, film ini sangat terasa lama sekali. Akan tetapi bagian awal hingga 3/4 film ini memang untuk membangun kesimpulan di akhir cerita, sebuah ending yang menurutku sangat original. memang sih aku sudah melakukan beberapa tebakan, dan benar. Tapi ending itu keren sekali. Saya berbicara ttg endingnya loh, bukan klimaksnya. Di film ini ada perkataan Emma yang saya sebutkan di quote di atas.

Yang aku maksudkan paragraf diatas adalah: Film mulai di setting th 2006, tiba-tiba mundul ke th 1988, lalu plot berjalan sedikit-demi sedikit dan lambat, lalu klimaks, lalu ending. Nah, endingnya itu menyebabkan film yang lambar dan sedikit-demi-sedikti itu terlhat sangat bersatu. Tidak hanya membanggun cerita dan menyimpulkan dari awal, malah plot seperti ini yg saya maksudkan “original”. Good take!

Cinematic orgasm rating : 85/100

Advertisements

~ by imankurniadi on January 2, 2012.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: