FLYPAPER (2011) sebuah perampokan simultan tapi bo’ong


Director : Robert Minkoff (Lion King, Stuart Little)

Stars:

Ashley Judd, Patrick Dempsey and Octavia Spencer
Flypaper (2011), menceritakan tentang sebuah kejadian perampokan yang secara berasmaa-sama terjadi secara simultan. Perampokan dilakukan oleh beberapa orang/pihak, di waktu dan tempat yang sama. *spoiler alert* Perampokan dilakukan oleh 4 pihak, yaitu : kelompok 2 orang bodoh, kelompok orang-orang profesional yg sangat berpengalaman dg peralatan canggih, seseorang yg dikenal dengan perampok bank terhebat menurut daftar buronan FBI, dan seseorang yang dikenal dengan perampok terkebat ketiga menurut daftar buronan FBI. Perampokan itu terjadi secara simultan di bank yang sama, hal inilah yang menjadi daya tarik tersendiri dari film ini. Salah satu nasabah yang tidak sengaja di tempat itu, Tripp (diperankan oleh Patrick Dempsey), menjadi salah satu sandera dari perampokan itu, begitu pula kaitlin (diperankan oleh Ashley Judd) salah seorang teller bank yang juga menjadi sandera. Perampokan yang simultan ini menjadi agak kacau. Awalnya terjadi pertentangan antara dua orang bodoh dan sekelompok profesonal memperubatkan siapa yang berhak merampok bank, hingga Tripp menyarankan agar mereka berdua merampok bank yang sama, tetapi mengambil uang di lokasi yang berbeda: brankas dan ATM.
Film ini diwarnai oleh komedi dan lelucon-lelucon segar, bagaimana dua orang bodoh melakukan usaha merampok ATM dan bagaimana si kelompok profesional mengalami berbagai macam kesialan dalam usaha mereka membobol brankas. Tripp, pria misterius dengan kejeniusan dia memperhatikan situasi, akan tetapi agak obsessive-compulsive disorder, mencoba menyimpulkan situasi yang dia alami, terobsesi menarik benang merah dari peristiwa perampokan simultan ini dan berusaha menemukan kesimpulan, bahwa situasi yang sedang dia alami itu bukan sebuah kebetulan. Perilaku Tripp inilah ynag membuat plot film menjadi semakin lucu, seru untuk diikuti, dengan suasana komedi yang sangat segar.
Jika menilik film-film yang bertemakan perampokan bank, sebut saja: The Bank Job, Italian Job, Inside Man, Nokas, atau The Robber, maka Flypaper merupakan film bertema bank-robbery yang kental dengan konfilk-konflik yang penuh humor, plot atau jalan cerita yang pantasi diikuti secara perlahan dari awal hingga akhir, dan ending yang cukup memberikan kejutan. Juralmin merasa walau maish ada bumbu-bumbu humor yang lumayan segar, terkesan masih agak datar mengikuti jalan cerita dari awal hingga akhir. Juralmin masih memberikan kritikan di film ini, seharusnya masih banyak kejutan-kejutan yang bisa ditaruh di film ini, entah di bagian awal, maupun akhir. Seperti, siapakah sebenanrnya Tripp di pria jenius, juralmin tunggu hingga akhir, eh tidak ada informasi sedikitpun tentang dia. Atau kejutan-kejutan lain yang bisa lebih mewarnai konflik humor diantara karakter-karakter yang ada di film ini. Misalnya, dengan menambahkan alur maju-mundur, yang menceritakan masing-masing perampok, bagaimana masa lalu mereka. Hehehehe
Cinematicorgasm rating : 65/100

Advertisements

~ by imankurniadi on October 26, 2011.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: