Story About Selke "Ondine"

The story of an Irish fisherman who discovers a woman in his fishing net who he believes to be a Selke (a water nymph).

(spoiler…alert lah yau…)

SINOPSIS: Seorang pria lusuh, bau laut, dengan rambut acak-acakan, dan mata yang sayu. Si nelayan itu dengan kapalnya pergi ke laut untuk mencari ikan. Ada sesuatu yang tersangkut di jaringnya, seorang wanita. Seorang wanita tersangkut di jaringnya. Teryata wanita itu masih hidup, dan si nelayan menyelamatkannya. Si wanita tidak ingin diantarkan ke rumah sakit, dia hanya ingin dibawa ke tempat dimana tidak ada manusia lain selain nelayan dapat melihatnya. Dibawalah si wanita tersangkut tadi ke rumah ibu si nelayan, rumah seorang gipsi. Sang ibu sudah tak ada, rumah itu di pinggir laut, sangat berbau laut.

Keesokan harinya, si nelayan mengajak wanita itu untuk pergi memancing. Si nelayan berangkat dengan harapan besar untuk mendapatkan tangkapan besar. Si wanita lalu berkata “ijikanlah saya menyanyi, mungkin makhluk laut akan tertarik dengan nyanyianku”. Bernyanyilah si wanita, dan terkejutlah si nelayan karena dia mendapatkan tangkapan besar hari itu. apakh karena nyanyian si wanita? dengan bahasa yang tidak dipahami manusia?

Si nelayan sudah pernah beristri. Dia pun adalah seorang ayah. Ayah dari putri bernama Annie, usianya sekitar 7 tahun, dengan derita sakit ginjal yang membuat dia sangat lemah dan berjalan dia atas kursi roda. Saat akan menidurkan sang putri, si nelayan tak pandai berdongeng. Akhirnya dia berdongeng, bercerita tentang nelayan yang mendapatkan wanita dari jaringnya, dan bagaimana nelayan memperoleh banyak ikan karena nyanyian wanita itu. Dia meneruskan cerita itu, menggambarkan betapa terpesonanya si nelayan kepada wanita itu.

Sang putri pun tertarik dengan cerita itu. Sang putri sangat menyayangi ayahnya, dia tau ayah tidak bisa berdongeng dan tidak pandai berbohong. Sang putri pergi ke perpustakaan untuk mencari tahu, siapakah atau apakah makhluk yang menyerupai wanita cantik yang berada di tengah laut, dan pandai bernyanyi. Dia menemukan bahwa ada suatu makhluk yang bernama Selke. Selke adlaah makhluk lau, tetapi dapat memiliki kaki dan berjalan di darat, apabila dia melepaskan jubahnya. Dan terjalinlah persahabatan antara si wanita dan siang putri si nelayan.

___________________________________________________________________________________

ondine

Film yg berjudul Ondine (2009) disutradari oleh Neil Jordan (The Brave One) dibintangi oleh aktor irlandia, Collin Farrel (In Brudges, Miami Vice, Tne New World, SWAT, The Recruit), dan Alicja Bachleda. Film ini sangat berbau pedesaan di tepi laut, dongeng, apalagi dari awal hinggal akhir, suasana langit yang mendung sangat mendominasi di film ini.

Karakter si nelayan yang bernama Syracuse patut saya acungi jempol. Collin Farrel bisa memerankan karakter Syracuse dengan sangat baik. atau lebih tepatnya : fit. Sangat tersirat bagaimana dia memerankan seorang nelayan yg agak kikuk, mantan pemabuk, dan seorang ayah yg sangat mencintai anaknya. Rambutnay yang opanjang dan berantakan dan matanya yg sayu semakin memperkuat karakter Syracuse si nelayan. Ondine yang diperankan oleh Alicja Bachleda juga demikian. karakter Ondine sebagai wanita cantik yang ditemukan di tengah laut, dengan wajahnya yang sellau khawatir dan kebingungan semakin memperkuat ke-misteriusan-nya. Satu lagi aktor menarik perhatian saya di film ini adl sang pendeta / priest yang diperankan oleh Stephen Rea. Kalo tidak salah dia juga pernah bermain sebgaai polisi di V For Vendetta.

IMDB mengatakan bahwa film ini bergenre drama-romance. Yup saya setuju, tetapi alur dan plot ceritanya, seperti film yang bertemakan con-man, penipuan, tricky, dan kriminalitas tingkat tinggi, yang: endingnya sangat mengejutkan. Saya duah mulai terlena dari bagian awal hingga tengah film, bagaimana hubungan romansa antara si nelayan bernama Syracuse dan wanita yang mengaku bernama Ondine. Ternyata ada hal-hal yang ditaruh di tengah film, yang menjadi kesimpulan akhir film ini.

selamat menonton

Advertisements

~ by imankurniadi on August 28, 2011.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: